Sunday 30 October 2016

10 manfaat menunaikan sholat

Manfaat Sholat



            Sholat adalah salah satu dari 5 rukun iman,yaitu rukun iman yang ke-2 setelah  bacaan syahadad. Sholat adalah tiang agama. Bagaikan rumah, rumah tanpa tiang tidak akan kuat, sama dengan agama , agama juga harus memiliki  tiang untuk menyangganya. Sholat banyak member manfaat kepada kita yang menjalaninya dengan baik dan benar. 10 manfaat sholat:

1. Zainul Wajihi ( mencerahkan wajah ) , maksudnya apabila kita rajin melaksanakan sholat maka Allah akan mencerahkan wajah kita dengan cara: menebar senyum diwajah kita dan memberi mata yang indah buat kita untuk kita gunakan dengan baik.

2. Wanurul Qalbi ( menerangi hati ) , saat kita sholat maka pada saat itu Allah akan menerangi hati kita dengan sinar-NYA ,dan hati kita akan cerah. Kita akan selalu senantiasa untuk berpikiran baik dan tidak segan untuk mendo’akan orang mukmin, dan berbagi rezeki kepada orang lain sebagai rasa syukur kepada Allah .

3. Warahatul Badani ( badan sehat ) , gerakan-gerakan sholat apabila dilakukan dengan baik dan benar maka akan membuat badan kita menjadi sehat. Dokter-dokter ahli telah meneliti dan membuktikan bahwa gerakan-gerakan sholat  dapat menyembuhkan banyak penyakit. Seperti halnya gerakan sujud , apabila dilakukan dengan baik dan benar akan melancarkan peredaran darah keotak, karena pada saat melakukan sujud posisi otak ( kepala ) kita lebih rendah dari pada jantung sehingga darah mudah mengair keotak.

4. Waunusul bil Qalbi ( menemani dalam kubur ) , pahala sholat yang kit lakukan dengan khusuk akan menemani kita di dalam kubur dan akan menerangi kubur kita.

5. Wananzilu Rahmati ( mendapat rahmat dari Allah ), Allah akan memberikan rahmat yang banyak kepada orang-orang yang rajin menunaikan sholat baik sholat wajib maupun sholat sunah, dan rahmat tersebut akan menolong kita dari siksa neraka.

6. Dibukakan pintu langit, saat sholat pasti secara otomatis kita akan berdo’a kepada Allah , dan saat pintu angit terbuka maka do’a-do’a kita akan mudah dikabulkan oleh Allah daik saat itu,di masa depan , maupun di akhirat nanti. Kita jangan segan-segan untuk berdo’a kpada Allah , karena orang yang tidak suka berdo’a itu adalah orang-orang yang sombong.

7. Waziknul nizami (meringankan timbangan ), ibadah sholat kita akan meringankan timbangan dosa dan memberatkan timbangan pahala kita saat kita berada di Yaumul Mizan saat hari kiamat nanti.

8. Mendapat ritho Gusti Allah , segala sesuatu yang kita lakukan denga niat yang baik pasti akan dirithoi oleh Allah , terlebih lagi saat kita rajin melaksanakan sholat, maka Allah akan lebih merithoi perbuatan baik apa yang pernah maupun yang akan kita lakukan.

9. Wasamanul janati ( mendapat nilai surga ) , sholat akan menambah nilai-nilai kita untuk masuk surga terlebihlagi sholat yang kita lakukan dengan niat untuk Allah , maka itu akan menambahkan nilai kebaikan kepada kita untuk masuk surga.

10. Wahijabu minannar ( sholat dapat membentengi pintu neraka ) , sholat dapat menjauhkan kita dari panasnya api neraka dan dapat kita jadika sebagai benteng untuk terhindar dari panasnya api neraka jahannam.


Jadi mulai saat ini marilah kita lebih rajin untuk melaksanakan sholat baik sholat 5 waktu maupun sholat sunah. Dan semoga kita semua dijauhkan dari panasnya api neraka.

No comments:

Post a Comment

Translate